RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD Negeri Ajibarang Kulon 02
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : IV (Empat) / 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 1 x
15 menit
Standar Kompetensi
v Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di
lingkungannya.
Kompetensi Dasar
v Memberikan contoh sederhana pengaruh
globalisasi di lingkungannya.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Dengan melihat gambar, siswa dapat menceritakan proses globalisasi dengan benar.
§ Dengan penjelasan guru siswa dapat menyebutkan pengaruh
globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan dengan tepat.
§ Dengan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan sikap terhadap
pengaruh globalisasi dengan
benar.
B.
Materi Ajar
§ Arti globalisasi dan sejarahnya.
§ Kita di tengah-tengah globalisasi.
§ Sikap kita terhadap globalisasi.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan kontekstual.
Diskusi.
Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
§ Kegiatan Awal ( 2 menit )
–
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
Apersepsi :
–
Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan
apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur sampai anak berangkat
ke sekolah.
§ Kegiatan Inti ( 10 menit )
Ø Eksplorasi
·
Guru
menjelaskan tentang globalisasi.
·
Bertanya
jawab tentang pengaruh globalisasi dan sikap siswa terhadap globalisasi.
·
Siswa
diajak untuk memahami arti dan pengaruh globalisasi serta sikap dalam
menghadapinya.
·
Mengajak siswa untuk menceritakan globalisasi
dan pengaruhnya yang dibimbing oleh guru.
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Guru
membagi siswa menjadi 3 kelompok, setip elompok menerima soal tentang
globalisasi.
·
Siswa
dalam kelompok berdiskusi untuk menjawab pertnyaan yang diberikan.
·
Perwakilan
dari setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
·
Siswa
yang lain mendengarkan dan memberikan tanggapan
Ø Konfirmasi
· Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya
tentang hal-hal yang belum diketahui.
· Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari
· Siswa mengerjakan soal evaluasi
§ Kegiatan Penutup ( 3 menit )
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
·
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F.
Penilaian
Format Kriteria Penilaian
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
|
Ajibarang Kulon, 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas IV
Eni Titiati, S.Pd.SD Jalu linuwih D.H,A.Ma.
NIP. 19570331 197701 2 001 NIP. 19880905 201001 1
004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar